Asyiknya Arisan
Arisan tentu bukan merupakan istilah asing di telinga orang Indonesia. Bahkan orang dari berbagai penjuru daerah Indonesia mengenal sistem arisan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Para wanita apalagi ibu-ibu pastinya lebih akrab dengan arisan dibandingkan dengan kaum pria. Kebanyakan pria biasanya tak lebih dari mengantarkan pasangan mereka untuk mengikuti kegiatan arisan. Beragam jenis arisan bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Anda mungkin sudah cukup akrab dengan arisan kampung yang menjadi ajang kumpul-kumpul para ibu dengan jumlah iuran yang ala kadarnya. Selain itu, Anda mungkin juga sudah sering mendengar arisan sosialita yang melibatkan uang dalam jumlah besar atau bahkan barang mewah termasuk berlian.
Ada beragam jenis arisan yang ada di tengah masyarakat sehingga Anda mungkin mulai mempertanyakan mengenai definisi arisan itu sendiri. Arisan boleh dikatakan sebagai kegiatan yang berupa undian dengan melibatkan peserta dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu tersebut disesuaikan dengan jumlah peserta sehingga semua peserta arisan akan mendapatkan undian. Nilai hasil undian yang didapatkan oleh peserta arisan bisa jadi beragam. Hal ini akan dipengaruhi oleh jumlah peserta dan jumlah dana yang disetorkan sesuai dengan kesepakatan peserta arisan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa arisan tak melulu menggunakan uang. Ada pula jenis arisan yang menggunakan barang tertentu mulai dari peralatan dapur hingga berlian. Lagi-lagi pilihan jenis arisan bisa disesuaikan dengan kesepatakan peserta arisan sendiri.
Keuntungan Arisan
Jika menilik definisi arisan tersebut, arisan bisa dianggap sebagai pinjaman plus apalagi jika Anda mendapatkan undian arisan pada awal putaran. Anda mungkin mendapatkan arisan dalam jumlah besar, tetapi Anda masih tetap harus membayarkan iuran hingga masa putaran arisan berakhir. Pembayaran iuran setelah Anda mendapatkan undian arisan tersebut bisa Anda anggap sebagai cicilan pengembalian pinjaman. Di sisi lain, arisan juga bisa dianggap sebagai tabungan apalagi jika Anda mendapatkan arisan pada bulan-bulan terakhir dalam satu putaran arisan. Bedanya dengan pinjaman atau tabungan di bank, Anda tidak akan mendapatkan bunga sama sekali dengan mengikuti arisan. Arisan tentu tidak bisa digunakan sebagai pilihan investasi karena arisan sendiri tidak akan menghasilkan laba. Anda mungkin harus metogoh kocek Anda untuk menyelenggarakan arisan sehingga hasil yang akan Anda dapat dari arisan tersebut berkurang dari jumlah seharusnya. Akan tetapi, justru hal ini menjadi kelebihan arisan karena sering dianggap sebagai ajang untuk silaturahmi dan sosialisasi. Arisan tentu juga tidak terbebas dari kekurangan khususnya jika ada peserta arisan yang lalai membayar iuran setelah mendapatkan undian. Arisan juga bisa dijadikan ajang untuk berjualan berbagai produk dan bahkan latihan menabung.
Arisan Modern
Kini, arisan tidak hanya dilakukan di dalam lingkungan kampung atau di kalangan tertentu sebagai bagian dari ajang sosialisasi dan kumpul-kumpul. Jika Anda menganggap arisan dengan orientasi keuntungan yang kuat, Anda mungkin bisa mempertimbangkan arisan modern yang tidak harus dilakukan di lingkungan Anda dan dengan orang yang Anda kenal. Sebagai contoh, Anda bisa menemukan penawaran arisan dari tokoarisan yang memiliki sedikit perbedaan dibandingkan dengan arisan konvensional. Arisan ini tetap mengumpulkan iuran dari peserta. Akan tetapi, berbeda dari sistem arisan tradisional, peserta yang sudah mendapatkan undian tidak perlu membayar iuran kembali karena pihak pengelola arisan yang akan meneruskan pembayaran iuran peserta. Penawaran ini pastinya menarik untuk Anda dan Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan yang ditawarkan dalam sistem asuransi yang lebih modern ini.